• Kamis, 26 Mei 2022

Rusia Diambang Perang Dengan AS Dan NATO Buntut Krisis Ukraina

- Kamis, 27 Januari 2022 | 10:00 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin /Reuters/Sputnik/Alexei Nikolsky (Pikiran Rakyat)
Presiden Rusia Vladimir Putin /Reuters/Sputnik/Alexei Nikolsky (Pikiran Rakyat)

TOPMEDIA- Krisis hubungan diplomatik atara Rusia dan Amerika terkait Ukraina semakin memanas. Sumber ketegangan kedua negara ini berasal dari pemisahan Ukraina dari Uni Soviet dan hubungannya dengan Barat.

Ukraina memiliki ambisi untuk bergabung menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Presiden Putin menyebut gabungnya Ukraina ke NATO sebagai ancaman langsung terhadap kekuatan Rusia di Timur.

AS mengesampingkan permintaan Rusia untuk menghentikan ekspansi NATO ke arah timur, tetapi mengatakan pihaknya terbuka untuk pembicaraan tentang pengendalian senjata.

Baca Juga: Bank Sentral Rusia Usulkan Larangan Perdagangan Crypto

Amerika Serikat dan NATO telah menyampaikan tanggapan tertulis terpisah terhadap tuntutan keamanan Rusia, seiring upaya untuk mencapai solusi diplomatik terhadap krisis di Ukraina terus berlanjut.

Militer Rusia telah mengumpulkan pasukan di dekat perbatasan negara itu dengan Ukraina, memicu krisis diplomatik dan meningkatkan kekhawatiran AS dan Eropa bahwa Rusia mungkin bersiap untuk invasi yang akan segera terjadi terhadap tetangganya.

Ilustarasi konflik memanas di perbatasan Rusia - Ukraina /Pixabay/Pexels (Pikiran Rakyat)

Rusia telah membantah bahwa mereka berencana untuk menyerang Ukraina, tetapi dengan keras menentang upaya negara itu untuk bergabung dengan NATO.

Pada hari Rabu, Blinken menekankan bahwa Washington dan sekutunya tidak akan setuju untuk mengekang proses penerimaan NATO untuk anggota baru, dengan mengatakan pintu aliansi militer “tetap terbuka”.

Baca Juga: Peringati HUT RI, Alumni Lintas Fakultas UNTIRTA Perang Catur

Halaman:

Editor: Fuad Fauji

Sumber: Pikiran Rakyat, topmedia.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fakta Menarik Perang Senjata Biologis dan Kimia

Kamis, 26 Mei 2022 | 10:36 WIB

Jemaah Haji dari Banten Masuk Embarkasi Jakarta

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:00 WIB
X