• Rabu, 19 Januari 2022

Fenomena Titik Balik Matahari Desember Hari Ini Atau Solstis Desember

- Selasa, 21 Desember 2021 | 13:48 WIB
Ilustrasi Orbit Bumi pada Empat Titik Musim : timeanddate.com
Ilustrasi Orbit Bumi pada Empat Titik Musim : timeanddate.com

SERANG, TOPmedia – Laporan kalender astronomi yang dirilis Organisasi Penerbangan dan Antariksa (ORPA, pada 21 Desember akan ada fenomena titik balik Matahari atau Solstis Desember. Apakah yang akan terjadi?

Titik balik Matahari sebelumnya di tahun ini terjadi pada 21 Juni 2021 sebagai titik balik musim panas. Posisi titik balik Matahari pada Desember, berarti adalah titik balik musim dingin di belahan Bumi utara.

Dikutip dari express.co.uk, dibelahan eropa hari ini adalah hari terpendek dalam setahun. Saat Bumi miring ke titik terjauh dari Matahari, Belahan Bumi Utara akan mengalami malam terpanjang dalam setahun. Namun, ini berarti hari-hari secara bertahap akan semakin ringan mulai sekarang. Selama ribuan tahun, masyarakat telah menandai pentingnya hari ini dengan ritual dan tradisi untuk mengungkapkan rasa syukur atas tahun lalu dan menetapkan niat kita untuk tahun depan.

Tampak titik balik Matahari 21 Desember

Di posisi ini, belahan Bumi selatan yang condong menghadap Matahari, waktu siang dan sore harinya akan terasa lebih panjang, sementara malam terasa lebih pendek.

Seperti titik balik Matahari pada Juni 2021, Indonesia yang berada di khatulistiwa tentu tidak terpengaruh. Hal ini disebabkan karena posisi khatulistiwa terhadap Matahari cenderung konstan.

Terjadi dua kali dalam setahun

Titik balik Matahari merupakan fenomena yang terjadi dua kali dalam setahun, ketika posisi Matahari di langit tampak di paling utara atau selatan relatif terhadap garis khatulistiwa.

Dalam setahun, kita mengalami titik balik Matahari pertama di bulan Juni (Solstis Juni). Fenomena ini terjadi bila belahan Bumi utara miring ke arah Matahari dan belahan Bumi selatan miring menjauhi Matahari. Di belahan Bumi utara, fenomena ini disebut juga titik balik musim panas karena menandai terjadinya musim panas. Titik Balik Juni biasanya terjadi pada 21 Juni.

"Sedangkan titik balik Desember (Solstis Desember) terjadi saat belahan Bumi selatan condong ke arah Matahari dan belahan Bumi utara menjauhi Matahari. Di belahan Bumi utara, fenomena ini disebut titik balik musim dingin dan biasanya terjadi pada 21 Desember" dikutip dari artikel: Mengenal Soltis Dan Ekuinoks - Andi Pangerang.(FF)

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Ponpes Kebakaran, Empat Kamar Santri Hangus 

Rabu, 12 Januari 2022 | 18:06 WIB

Maling Gudang Agen Gas LPG Ketahuan, Pelaku Ditangkap

Selasa, 11 Januari 2022 | 19:03 WIB
X