• Kamis, 26 Mei 2022

Saat Jadi Kapolda Banten, Komjen Listyo Sigit Dekat Dengan Ulama di Banten

- Rabu, 25 November 2020 | 18:40 WIB
Komjen Listyo Sigit bersama Kyai Khatismatik Abuya Muhtadi saat berbincang-bincang saat jadi Kapolda Banten
Komjen Listyo Sigit bersama Kyai Khatismatik Abuya Muhtadi saat berbincang-bincang saat jadi Kapolda Banten

SERANG,TOPmedia – Komjen Listyo Sigit kini kembali dipersoalkan lantaran bisa menghambat menjadi salah satu kandidat pengganti Jenderal Idham Azis. Sejumlah oknum meyakini jalan Listyo untuk menjadi TB 1 tidak berjalan mulus, karena dirinya Non Muslim.

Karir perwira tinggi satu ini terbilang meroket dalam tiga tahun belakangan ini. Mengutip Wikipedia, Rabu 25 November 2020, pria yang kini menjabat Kabareskrim Polri ini merupakan perwira pertama yang meraih pangkat jenderal di angkatan 1991.

Pangkat bintang pertamanya dia raih saat menjabat Kepala Polda Banten pada Oktober 2016. Dalam karirnya di kepolisian, Sigit terbilang piawai di bidang reserse.

Wajar, sebab pada 1993 dirinya langsung menjabat Kepala Unit II Satuan Reserse Kriminal di Polres Metro Tangerang. Kemudian pada 1999 dirinya kembali dipercaya menjabat Kapolsek Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kala itu, dirinya sempat membantu tim Gegana Polda Metro Jaya untuk memburu Dani, pengebom Plaza Atrium Senen, di Perumnas Klender.

Perjalanan karirnya pun kian moncer saat dirinya berpangkat Komisaris, ia ditunjuk sebagai Kepala Satuan Intel dan Keamanan Polres Jakbar pada 2005. Di situlah Sigit mendapatkan ilmu lobi dan mengaplikasikan ilmu intelijen.

Pada tahun 2010, Sigit menjabat sebagai Wakil Kapolres Kota Semarang. Saat itulah dia mulai berkenalan dengan para kiai, antara Lain Ketua MUI dan Dewan Pengurus PBNU, Kiai Sahal Mahfudz.

Sigit kemudian menerima kenaikan pangkat menjadi Komisaris Besar dan menjabat Kapolres Surakarta pada 2011. Ketika itu dirinya mengenal Joko Widodo, yang saat itu menjabat Wali Kota Solo.

Keakraban keduanya terus terjalin hingga bersama-sama mengembalikan citra Solo akibat peristiwa bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil pada 25 September 2011 silam.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Fakta Menarik Perang Senjata Biologis dan Kimia

Kamis, 26 Mei 2022 | 10:36 WIB

Jemaah Haji dari Banten Masuk Embarkasi Jakarta

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:00 WIB
X