• Kamis, 26 Mei 2022

Tolak RUU Omnibus Law, Ribuan Buruh di Banten Blokir Jalan

- Selasa, 3 Maret 2020 | 15:03 WIB
Aliansi Buruh Banten Bersatu (AB3) berdemonstrasi menolak RUU Omnibus Law (Foto: TOPmedia)
Aliansi Buruh Banten Bersatu (AB3) berdemonstrasi menolak RUU Omnibus Law (Foto: TOPmedia)

SERANG, TOPmedia - Ribuan buruh blokir akses masuk Kawasan Industri Modern Cikande, Kabupaten Serang, Banten. Pemblokiran jalan itu membuat kemacetan panjang pun terjadi, bahkan Kapolres Serang, AKBP Mariyono, harus turun tangan mengatur arus lalu lintas.

Sebelumnya, sejak pagi tadi, sekitar pukul 10.00 WIB, para buruh dari Aliansi Buruh Banten Bersatu (AB3), mensweeping untuk mengajak buruh lainnya berdemonstrasi menolak RUU Omnibus Law. Rencananya, buruh akan bergerak ke Kawasan Pusat Pemerintahan Propinsi Banten (KP3B).

“Jalan alternatif juga ditutup. Kami masih di jalan menuju tempat kerja. Kalau akses keluar Tol Cikande masih bisa,” ujar Bayu, salah satu buruh di Cikande, Selasa (3/3/2020).

Sementara itu, Kapolres Serang Kabupaten, AKBP Mariyono, mengimbau massa aksi agar tidak menutup arus lalu lintas, akses jalan tol dan mengganggu ketertiban umum selama berdemonstrasi.

"Kita terus mengupayakan aksi demonstrasi tidak ada mengganggu ketertiban umum, apalagi sampai mengganggu arus lalu lintas dan kemacetan yang dilakukan oleh massa aksi," kata Kapolres Serang, AKBP Mariyono, ditemui disela-sela mengatur arus lalu lintas, Selasa (3/3/2020).

Petugas kepolisian pun diminta tidak membawa, apalagi menggunakan senjata api dalam menjaga demonstrasi ribuan buruh di Banten.

"Tidak ada anggota Polri yang membawa senjata api. Provos sudah saya suruh cek, kecuali terjadi situasi kontijensi. Anggota tim khusus dari Brimob menyesuaikan, tapi (penggunaan senjata api) semua atas peritah dari saya sebagai penanggung jawab," ujarnya. (TM1/Red)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Fakta Menarik Perang Senjata Biologis dan Kimia

Kamis, 26 Mei 2022 | 10:36 WIB

Jemaah Haji dari Banten Masuk Embarkasi Jakarta

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:00 WIB
X