CILEGON,TOPmedia - Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Banten, Aimarani menganggap media massa punya kewajiban dalam mempromosikan Pariwisata serta berperan penting dalam memajukan Pariwisata daerah termasuk Banten.
"media massa, wajib mempromosikan wisata" ungkap Aimarani saat menjadi pembicara dalam kegiatan workshop Peningkatan Kemampuan SDM Dalam Menghasilkan Karya Kreatif Pariwisata Berbasis Media Tahun 2017 di Kota Cilegon, Rabu (17/5/2017).
Menurut Aimarani, perkembangan media yang begitu pesat, justru harus dimanfaatkan sebagai alat untuk mempromosikan Pariwisata Banten agar lebih dikenal oleh masyarakat luas dan mampu meningkatkan ekonomi daerah.
"apapun medianya, baik cetak, online atau media sosial punya andil untuk memajukan Pariwisata di Banten sehingga mampu meningkatkan pendapatan daerah dari sektor Pariwisata" ujarnya.
namun, Aimarani mengingatkan baik pemerintah maupun masyarakat harus mampu memberikan pelayanan yang baik kepada para wisatawan yang datang serta memberikan kenyamanan bagi mereka.
"Kita jarus menyambut tamu (Wisatawan) dengan baik, jangan sampai hal-hal negatif di wisata Banten kembali terdengar, seperti mahalnya tarif parkir dan sebagainya" ujarnya.
Selain itu, menurut Aimarani, akses dan infrastruktur yang memadai juga menjadi faktor penting dalam menunjang kemajuan pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan, sehingga apa yang dipromosikan di media seimbang dengan keadaan pariwisata yang ada.
"ketika media sudah mempromosikan, jika infrastruktur nya tidak dibangun dengan baik maka percuma" jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati mengatakan pihaknya akan terus bersinergi dengan OPD lain terkait dalam meningkatkan akses dan infrastruktur yang menunjang kawasan wisata.