• Senin, 27 Juni 2022

Jangan Lewatkan! Inilah 13 Manfaat Bacaan Potongan Surah Yasin Kun Fayakun

- Kamis, 16 Juni 2022 | 21:33 WIB

TOPMEDIA.CO.ID – Sebagai umat Muslim tentu kita tidak asing dengan Surah Yasin, di Indonesia Surah Yasin menjadi salah satu Surah dalam Al Quran yang menjadi favorit. Pasalnya, pada acara atau moment tertentu surah Yasin selalu dibaca.

Surah Yasin adalah surah ke 36, dimana dalam surah Yasin ada 83 ayat, dan ada kalimat kun fayakun merupakan salah satu penggalan dari surah Yasin ayat 82

إِنَّمَآ أَمْرُهُۥٓ إِذَآ أَرَادَ شَيْـًٔا أَن يَقُولَ لَهُۥ كُن فَيَكُونُ

Artinya: “Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” maka terjadilah ia.” (Q. S. Yasin: 82)

Kun fayakun merupakan kalimat perintah Allah akan terjadinya sesuatu yang dihendakiNya yang menjadi ciri keistimewaan surat Yasin.

Sering membaca surah Yasin atau kalimat kun fayakun,  akan memberikan banyak manfaat layaknya manfaat membaca Al Quran pada orang yang membacanya,  diantaranya adalah:

  1. Menyadari Allah pencipta alam semesta

وَهُوَ ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ بِٱلْحَقِّ ۖ وَيَوْمَ يَقُولُ كُن فَيَكُونُ ۚ قَوْلُهُ ٱلْحَقُّ ۚ وَلَهُ ٱلْمُلْكُ يَوْمَ يُنفَخُ فِى ٱلصُّورِ ۚ عَٰلِمُ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ ۚ وَهُوَ ٱلْحَكِيمُ ٱلْخَبِيرُ

Artinya: “Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan benar. Dan benarlah perkataan-Nya di waktu Dia mengatakan “Jadilah, lalu terjadilah”, dan di tangan-Nya-lah segala kekuasaan di waktu sangkala ditiup. Dia mengetahui yang gaib dan yang nampak. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui”. (Q.S. Al-An’am ayat 73).

الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ الرَّحْمَنُ فَاسْأَلْ بِهِ خَبِيرًا

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X