Layak Diperjuangkan, 3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri Ini Wajib Dipahami oleh Calon Mahasiswa!

- Kamis, 12 Mei 2022 | 22:29 WIB

TOPMEDIA.CO.ID – Perguruan Tinggi negeri (PTN)merupakan jenjang pendidikan yang diidamkan oleh hampir seluruh calon mahasiswa, banyak factor yang menyebabkan mengapa PTN menjadi favorit, selain memiliki nama yang bergengsi, dengan menjadi alumni PTN diklaim banyak orang, akan mudah mendapat pekerjaan

Nah untuk memudahkan para calon mahasiswa masuk ke universitas atau perguruan tinggi negeri, ada tiga cara yang wajib diketahui oleh para calon mahasiswa, diantaranya

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Bukan UTBK, tapi SNMPTN-lah alternatif cara masuk PTN yang pertama. Kenapa SNMPTN menjadi alternatif pertama jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri? SNMPTN berada di urutan terdepan karena jadwal pendaftarannya yang paling awal, Sobat.

Pada SNMPTN 2020, misalnya, jadwal registrasi akun LTMPT dimulai 2 Desember 2019. Belum diketahui jadwal pendaftaran SNMPTN 2021, tapi kita harus mulai bersiap pada bulan-bulan mendatang jika Sobat akan mengikuti jalur masuk PTN tanpa tes ini.

Sebenarnya persiapan SNMPTN tak bisa kita lakukan mendadak tepat sebelum masa pendaftaran. Sobat Pintar tahu sebabnya? Iya, karena nilai rapor sejak semester ke-1 sampai ke-5 menjadi faktor utama seleksi. Itulah sebabnya SNMPTN dikenal sebagai jalur masuk PTN tanpa tes.

Selain nilai rapor, kita juga harus menyiapkan portofolio sesuai persyaratan dari jurusan yang dipilih. Hanya jurusan-jurusan tertentu yang menghendaki portofolio seperti olahraga, seni tari, seni rupa, dan lain-lain. Portofolio bisa berupa video, dokumen, karya, atau yang lain.

Ingin mengikuti jalur masuk PTN tanpa tes ini, Sobat? Proses pemeringkatan, pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDDS), hingga verifikasi PDDS terkait dengan administrasi sekolah. Jadi, rajin-rajin update informasi pendaftaran SNMPTN di sekolahmu, ya!

  1. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Tes menjadi perbedaan SNMPTN dan SBMPTN yang utama. Jika proses SNMPTN lebih mengutamakan prestasi akademik dan non-akademik selama sekolah, penentu lolos tidaknya kita di SBMPTN adalah hasil tes. Tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) disebut UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

Sebagai jalur masuk PTN 2020/2021 melalui tes, SBMPTN penuh cerita dibandingkan cara masuk PTN yang lain. As we know it, setelah dimulainya registrasi akun LTMPT pada 17 Februari 2020, pandemi Covid-19 mulai merebak. Maka, terjadilah perubahan jadwal UTBK dan SBMPTN.

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X