• Senin, 27 Juni 2022

Dua Posisi Tidur Ini Dipercaya Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

- Rabu, 22 Juni 2022 | 21:49 WIB

TOPMEDIA.CO.ID. – Tekanan darah tinggi atau yang juga dikenal sebagai hipertensi adalah kondisi yang terjadi ketika kekuatan tekanan darah terhadap dinding arteri cukup tinggi.

Perlu kamu ketahui bahwa tekanan darah ditentukan oleh jumlah darah yang dipompa oleh jantung serta jumlah resistensi terhadap aliran darah di arteri. Semakin banyak darah yang dipompa oleh jantung dan semakin sempit arteri, maka semakin tinggi pula tekanan darah.

Posisi tidur tertentu diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah. Lantas, bagaimana posisi tidur yang baik saat darah tinggi?

Sebelum mengetahui posisi tidur saat darah tinggi, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu gejala dari darah tinggi atau hipertensi. Darah tinggi tidak selalu menimbulkan gejala, bahkan jika pembacaan tekanan darah mencapai tingkat yang tinggi.

Adapun beberapa gejala dari darah tinggi yang perlu diwaspadai yakni:

  1. Sakit kepala
  2. Sesak napas
  3. Pusing
  4. Nyeri dada
  5. Gangguan pada penglihatan
  6. Terdapat darah dalam urine
  7. Kaitan antara tekanan darah dan tidur

Kualitas tidur yang buruk diketahui tidak baik bagi kesehatan secara keseluruhan. Di sisi lain, tidur juga berkaitan dengan tekanan darah tinggi. Diketahui bahwa kurang tidur yang terjadi secara terus-menerus dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Tidur sendiri dapat membantu tubuh mengontrol hormon yang dibutuhkan untuk mengatur stres dan proses metabolisme.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, seiring dengan waktu, kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan perubahan hormon, yang mana ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi serta faktor risiko lain untuk penyakit jantung.

Baca Juga: Menurut Hukum Islam, 3 Hal Ini Boleh Disembunyikan Istri Dari Suami

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Memilih Makanan Protein Tinggi Untuk Tubuh

Selasa, 14 Juni 2022 | 07:23 WIB
X