• Rabu, 19 Januari 2022

Do'a Orang Tua Untuk Anak Agar Sukses Dunia Akhirat

- Selasa, 28 Desember 2021 | 13:36 WIB
Ilustrasi -Net
Ilustrasi -Net

SERANG, TOPmedia - Keluarga mempunyai andil yang sangat besar dalam pendidikan anak. Sebab keluarga merupakan lingkungan pertama yang dikenal anak. Pada dasarnya anak lahir membawa fitrah pada keyakinan yang baik, disitulah peran keluarga, utamanya orang tua yang megarahkah dan memantapkan keyakinan anak melalui pendidikan. Untuk itu, jika ingin membentuk pendidikan anak dengan pendidikan yang baik maka harus dimulai pada saat pembetukan keluarga. Karena keluarga yang baik akan meneruskan generasi yang baik.

Keluarga yang baik menurut Islam adalah yang sakinah mawaddah warahmah. Hasil penelitian menemukan bahwa konsep Sakinah Mawaddah Wa Rahmah menurut M. Quraish Shihab relevan dengan pendidikan anak, sebab keluarga yang menggunakan konsep sakinah mawaddah wa rahmah adalah keluarga yang mampu membentuk pendidikan yang baik untuk anak-anak mereka.

Berdasarkan proses relasi antara keluarga dengan anak, sama-sama mendasari hubungan dengan rasa cinta dan kaih sayang. Serta untuk membentuk pendidikan yang berkualitas maka berawal dari membentuk keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah.

Namun demikian, diperlukan lebih benyak penelitian yang mengkaji mengenai konsep-konsep keluarga, dengan tujuan untuk meningkatkan serta menanamkan pendidikan anak yang dimulai dari keluarga, sebab keluarga adalah lembaga pertama menanamkan pendidikan pada anak. Dalam pandangan agama pendidikan anak seharusnya sudah dipersiapkan sebelum anak lahir.

Pastinya sebagai orang tua penasaran bukan bagaimana pola asuh di dalam keluarga. Sehingga anak-anak kita bisa tumbuh cerdas dan sukses di bidang masing-masing. Doa orangtua adalah doa yang mustajab. Apakah orang tua mewajibkan anaknya untuk ibadah termasuk membawa doa dan wirid setiap hari. Istri harus bisa menjadi ibu untuk suami. Suami pun harus bisa menjadi bapak juga untuk istri.

Orangtua baik ayah dan ibu wajib mendidik melindungi dan memberi keteladanan kepada anaknya. Begitulah dahsyatnya kekuatan doa orangtua.

Tentu kita sebagai orang tua pasti memiliki inspirasi dari sosok kedua orangtua yang baik dan nampak kompak dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Terlihat kerjasama yang baik antara orang tua patut jadi panutan. Begitu juga agama menganjurkan supaya seseorang jauh sebelum seorang anak lahir pada saat-saat bertemu dengan ibunya senantiasa berdoa.

Islam adalah agama yang memotivasi untuk mendoakan kedua orang tua memohonkan ampun untuk mereka dan memintakan rahmat Allah untuk keduanya. Untuk itu kita harus mendidik sang anak sesuai dengan yang diajarkan Allah SWT.

Dua do,a Ayah dan Ibu untuk anak;

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X